REDEMPTOR MUNDI: PENEBUS DUNIA



Saat ini masyarakat kita berlomba-lomba memelihara kebersihan untuk menyelamatkan hidupnya dengan mencuci tangan sebersih mungkin, menggunakan masker bagi yang sakit, menutup mulutnya ketika bersin atau batuk agar terbebas dari virus corona atau yang dikenal dengan COVID 19.


Mereka membersihkan diri dari mahluk kecil yang disebut virus; namun mereka tidak bebas dari ketakutan akan penyakit.

Kesadaran bahwa hidup selamat berarti hidup bersih dan suci yang dalam istilah alkitab disebut sebagai hidup kudus.


Tuhan Yesus hadir untuk menyelamatkan dunia dengan menguduskan manusia dari dosa, kuasa setan, penyakit dan maut. Dia mengampuni para pendosa, mengusir setan, menyembuhkan penyakit dan menghidupkan yang mati. Penyelamatan dan Penebusan adalah pengudusan; oleh karena itu Dia bangkit dari kematian dan hadir kembali dalam Roh Kudus.


Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." - Yohanes 4:23-24 (TB)


Gereja Katolik menghormati para Kudus dan hidup mereka merupakan panutan bagi orang beriman.

Dalam syahadat iman Katolik dituliskan: Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang Kudus, persekutuan para Kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan dan kehidupan kekal. Maka unsur-unsur tersebut berhubungan adalah Roh Kudus, persekutuan Para Kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan dan kehidupan kekal.


Gereja merupakan tubuh mistik Kristus dan Yesus sebagai kepala-Nya. Tubuh yang kudus dan kita semua adalah anggota-anggota-Nya. Persekutuan para kudus adalah kita semua bersama para rasul, malaikat dan semua orang kudus.


Kita dikuduskan melalui sakramen-sakramen Gereja sebagai orang-orang yang telah diselamatkan dan ditebus oleh Yesus Kristus. Penyelamatan dan pengudusan oleh Yesus secara menyeluruh. Kita dibebaskan dari dosa, penyakit, kematian dan segala kuasa kegelapan. Yesus hadir menyelamatkan manusia kembali melalui tubuh-Nya yakni Gereja-Nya.


Gereja adalah Sakramen Keselamatan bagi dunia. Gereja adalah kita semua orang beriman kepada Sang Mesias yang menyucikan.


Sebagai anggota-anggota dari tubuh Kristus, kita bertugas melakukan kehendak Sang Kepala yakni Yesus untuk menguduskan dunia.


Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.


Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,

mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." - Markus 16:15-18 (TB)


Saat ini kita wajib ikut serta memerangi wabah virus corona (COVID 19) yang melanda dunia dengan menguduskan diri dengan mencuci tangan sesering mungkin, memakai masker dan tinggal di rumah, tidak kumpul- kumpul agar dapat menghambat penularan virus.


Saatnya kita berdoa pribadi dengan masuk kamar, berdoa terus menerus tanpa henti dan berbagi berkat kepada mereka yang berkekurangan.




-RD Rochadi Widagdo