Bijak Menggunakan Teknologi


Illustrasi: www.revistamision.com

Manusia dan teknologi adalah dua entitas yang tak terpisahkan, dan saling terkait satu sama lain. Perkembangan teknologi yang pesat memberikan keuntungan tersendiri bagi manusia. Teknologi yang semakin canggih memudahkan manusia untuk melakukan aktivitasnya.


T eknologi memanjakan manusia untuk melakukan banyak hal. Teknologi seakan menjadi kebutuhan wajib yang harus dipenuhi selain sandang, pangan, papan. Berkembangnya teknologi yang kian pesat, tak lepas dari peranan manusia dalam menciptakan teknologi-teknologi terkini. Kebutuhan dan tugas manusia yang semakin rumit, mendesak mereka untuk menemukan teknologi yang dapat membantu mereka. Di sini teknologi menjadi alat, sarana bagi manusia untuk menyelesaikan segala tugas dan memenuhi segala kebutuhannya.


Mirisnya, alat itu justru menguasai penciptanya. Tak dapat dipungkiri, teknologi yang sebenarnya diciptakan manusia untuk membantu dirinya, justru membelenggu manusia itu sendiri. Manusia seakan tak lagi mampu melepaskan diri dari pengaruh teknologi.


Salah satu contoh, saat kita makan bersama, orang akan lebih asik bermain handphone masing-masing ketimbang berbincang dengan orang yang di sekitarnya. Atau, orang akan sangat tidak nyaman manakala handphone yang dimilikinya tertinggal. Atau bahkan orang lebih asik bermain handphone saat misa ketimbang berdoa barang sejenak.


Oleh karenanya, kita diingatkan kembali, teknologi pada prinsipnya adalah suatu yang netral. Teknologi adalah sarana bagi manusia. Oleh karenanya gunakan teknologi sebijak mungkin dan jangan biarkan hidup kita terbelenggu atasnya. Tuhan memberkati.




-RD Angga Sri Prasetyo-

copyright parokivianney.org

Managed by