Seminar Parenting “Ayah Hebat, Anak Kuat” di Paroki Cilangkap



Minggu, 25 Februari 2018, Komsos Paroki Cilangkap bekerjasama dengan Seksi Kerasulan Keluarga mengadakan seminar parenting dengan mengambil tema “Ayah Hebat, Anak Kuat”. “Sebenarnya seminar ini adalah ide Romo Rochadi, yang melatarbelakangi adalah karena banyak generasi muda saat ini terjerumus hal-hal negatif, seperti narkoba, kekerasan, dan sebagainya, yang dikarenakan kurang mendapatkan sosok seorang ayah” ujar Dimmas, Ketua acara seminar ini.


Bertempat di Aula Gereja Anak Domba St.Yohanes Maria Vianney, seminar ini dihadiri oleh sekitar 150 peserta. Meskipun bertemakan parenting, tidak hanya orang tua yang hadir, tetapi juga beberapa pasangan muda yang baru saja menikah dan bahkan anak muda yang belum menikah pun turut hadir. Selain itu, tidak hanya umat Paroki Cilangkap, tetapi ada juga beberapa umat dari Paroki lain, antara lain umat Paroki Bidaracina, Paroki Pulo Gebang, Paroki Kampung Sawah, Paroki Alam Sutra, dan Paroki Kosambi. Hadir juga beberapa guru dari beberapa sekolah swasta di Jakarta.


Pembicara seminar hari itu adalah Kirdi Putra yang merupakan ahli mikromimik, hipnoterapis serta Behavior Expert dan Romo Rochadi, Pastor Kepala Paroki Cilangkap. Kirdi Putra membawakan materi mengenai peran dan figur ayah dalam mendidik dan membentuk karakter anak. Sedangkan Romo Rochadi membawakan dari sisi spiritual.



Acara dimulai pada pukul 11:15 WIB. Sebelumnya, umat yang sudah mendaftar harus melakukan registrasi ulang untuk mendapatkan snack dan goodybag. Seluruh umat yang hadir sangat antusias mengikuti seminar, hingga tidak terasa seminar baru berakhir pada pukul 15:00 WIB, 45 menit lebih lama dari seharusnya. Terlihat dari bayaknya umat yang memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada pembicara mengenai pola didik anak dan juga peran orang tua dalam keluarga.


Ditengah acara, hadir Dimmas selaku ketua acara seminar ini bersama dengan Romo Angga sebagai narasumber. Dipandu oleh MC mereka membagikan pengalaman serta pola didik yang diterapkan kedua orang tua mereka terutama ayah, yang berkesan dan berdampak hingga kini. Setelah itu, pengalaman mereka direfleksikan dengan penampilan dari Romo Rohadi, Romo Angga dan beberapa pengurus Komsos membawakan lagu “Ayah” yang merupakan lagu ciptaan Romo Angga sendiri. Hadir pula Pak Nelson Rumantir yang turut mengiringi.


Diakhir acara, Komsos Paroki Cilangkap sebagai penyelenggara utama memberikan sertifikat kepada kedua pembicara berikut kepada Ketua SKK yang turut membantu keberlangsungan seminar ini. Selain itu, MC juga mengajak umat yang hadir untuk bermain kuis sambil membagikan doorprize yang sudah disediakan oleh panitia. Acara ditutup dengan doa dan berkat dari Romo Rochadi.


Tanggapan positif mengenai seminar parenting ini dilontarkan oleh beberapa umat yang hadir. Tidak sedikit dari mereka yang meminta kepada panitia untuk mengadakan seminar seperti ini lagi. “Kegiatan ini sangat bagus, dan jarang sekali ada yang membuat seminar parenting seperti ini. Congrast kepada panitia, dan semoga seminar seperti ini diadakan lagi dengan durasi waktu yang lebih lama” ujar seorang umat. (Sefin)


Senyum puas anggota Komsos Cilangkap usai acara


copyright parokivianney.org

Managed by