Salib Benediktus

Diperbarui: 30 Apr 2019


Gambar: https://annud93.files.wordpress.com

Dalam kehidupan dunia ini diingatkan bahwa kita harus menanggung salib kita masing-masing serta rela berkorban dan mau mengasihi sesama kita tanpa pamrih. Korpus Yesus pada salib mengingatkan kita akan cinta dan pengorbanan Kristus sampai pada wafat-Nya. Setiap kita memandang korpus yang tergantung di salib, kita diingatkan sebagai manusia untuk menjauhi dosa yang menyebabkan penderitaan kristus yang begitu besar. Dalam hal ini terdapat beberapa model salib salah satunya adalah Salib Benediktus. Salib Benediktus dipercaya sebagian orang dapat mengusir setan. Dan pada salib/medali tersebut terpampang tulisan-tulisan yang merupakan kode. Maka akan dijelaskan dengan singkat apa makna dari tulisan-tulisan dalam medali ini.


Bagian atas dari salib ada tulisan pax yang artinya adalah kedamaian. Didalam medali gambar sebelah kiri , terdapat huruf C S P B di dalam lingkaran yang merupakan Crux Saint Patris Benedicti. Masing masing huruf tersebut mempunyai arti tersendiri dalam bahasa Indonesia yaitu Crux yang berarti Salib, Saint yang berarti Santo, Patris yang berarti ayah atau bapa dan Benedicti yang disebut Benedictus. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia secara keseluruhan adalah Salib St. Benedictus


Kemudian di bagian salib terdapat tulisan C S S M L N D S M D

kepanjangan dalam bahasa latinnya adalah Crux sacra sit mihi lux! Nunquam draco sit mihi dux! Arti dalam bahasa Indonesianya yaitu Semoga salib suci ini menjadi penerangku! Semoga iblis tidak akan pernah menjadi pedomanku!


Di bagian tepi medali secara melingkar tulisan V R S N S M V - S M Q L I V B

kepanjangan dalam bahasa latinnya adalah Vade retro Satana! Nunquam suade mihi vana! Sunt mala quae libas. Ipse venena bibas! Yang artinya yaitu Pergilah setan! Jangan menggodaku dengan kesombonganmu! Apa yang kau tawarkan padaku adalah kejahatan. Minumlah bisamu sendiri! (Dio)

copyright parokivianney.org

Managed by