Pramuka Vianney

Diperbarui: 4 Mei 2019


Foto: Istimewa

Pramuka Vianney, merupakan hal yang baru di Paroki Cilangkap.  Adapun gagasan awal terbentuknya Pramuka di Gereja Anak Domba diutarakan oleh Romo Rochadi sebagai Pastor kepala di Paroki Cilangkap. Maka mulai dikumpulkan beberapa orang yg konsen terhadap Pramuka, hingga terkumpul sekitar 24 orang pembina yang mempunyai latar belakang Pramuka dan juga orang-orang yang mau terlibat membangun Pramuka di Gereja Anak Domba. Dalam pertemuan berikutnya mulailah dibentuk struktur organisasi dan program kerja Kepramukaan di Gereja Anak Domba St. Yohanes Maria Vianney Cilangkap.


Berita tentang pembentukan Pramuka berbasis Gereja Katolik akhirnya didengar oleh Tim Kerja Kepramukaan Majelis Nasional Pendidikan Katolik (TKK MNPK). Pada tanggal 23 Maret 2017, Tim TKK MNPK Keuskupan Agung Jakarta berkunjung ke Gereja Anak Domba dan melakukan pertemuan dengan Pramuka Vianney.


Kak Antonius Daud selaku ketua TKK MNPK, yang biasa dipanggil kak Anton mengungkapkan kebahagiaannya, “Akhirnya ada yang memulai membentuk kepramukaan di Gereja Katolik.” Kak Anton yang juga sebagai pengurus Andalan Kwartir Nasional berpesan “Kedepannya sebagai anggota Pramuka di Gereja Anak Domba harus memiliki ciri khas, yaitu nilai Kristiani dengan menerapkan panca tugas Gereja”.


“Pramuka Vianney di sini sebagai media kaderisasi yang mencoba melengkapi pendampingan yg sudah ada” Tutur Romo Angga. Kedepannya Pramuka Vianney di Gereja Anak Domba akan membentuk Gugus Depan tersendiri, dengan anggota mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. (Dimas)

copyright parokivianney.org

Managed by