Piksis



Piksis dalam Gereja Katolik mempunyai fungsi yang sama seperti sibori yaitu sebagi tempat membawa Sakramen Mahakudus. Piksis berupa wadah kecil berbentuk bundar dengan engsel penutup, mirip dengan wadah jam kuno. Piksis sendiri berasal dari bahasa Latin “pyx” yang berarti kotak.

Sakramen Mahakudus yang diletakkan di dalam piksis biasanya ditujukan kepada orang sakit, dan kepada umat yang hendak menerima Sakramen Mahakudus, namun tidak bisa menyambutnya secara langsung di gereja. Orang yang membawa Sakramen Mahakudus biasanya disebut PPK (Pelayan Pembawa Komuni), mereka yang berhak menjadi PPK harus sudah menerima Sakramen Inisiasi Penuh (Baptis, Penguatan, dan Ekaristi) serta sudah menerima Komuni Pertama.

Piksis yang berisi Sakramen Mahakudus ditutup dengan sehelai kain putih atau korporal, lalu dimasukkan ke dalam kantong untuk piksis, tidak boleh dimasukkan ke dalam saku celana, dianjurkan untuk dikalungkan, baru kemudian dibawa oleh PPK untuk dibagikan kepada umat yang ingin menerima Sakramen Mahakudus di luar Gereja.