Misa Suci Malam Jumat Kliwon (Malam Jum’at Kasih)



Tradisi berdoa setiap Kamis malam atau malam Jumat di seputar Sumur / Pendopo Maria kian menampakkan geliat dan daya tariknya. Bermula sejak awal Januari 2018, ketika beberapa umat tak lebih dari 15 orang berniat kumpul dan mendaraskan doa Rosario. Minggu demi minggu jumlah umat yang rindu berdoa kian bertambah saja.

Pastor Paroki RD TAM Rochadi W pun memberikan aksentuasi khusus untuk mulai diadakannya Misa Suci setiap malam jumat Kliwon atau sekali dalam 35 hari (hitungan penanggalan Jawa) mulai pukul 20.00 WIB.


Misa pertama malam Jumat kliwon diadakan tanggal 8 Februari 2018 lalu. Diawali dengan doa Rosario mulai pukul 19.30 WIB dan ditutup dengan perayaan Ekaristi Suci. Misa Suci perdana di Pendopo Maria itu berlangsung meriah dan dihadiri hampir 100 umat. Romo Rochadi menyambut positif adanya tradisi doa di seputar Sumur Maria yang diberkati Bapak Uskup Ign Suharyo tanggal 30 Juli 2017 itu. Dalam homilinya Rm Rochadi memaknai Jumat kliwon sebagai Jumat kasih. Kita berdoa didepan patung Bunda Maria yang mengasihi kita dan berada diatas sumur yang kaya akan makna.


Sumur Maria dipasok dari tujuh sumur yang berasal dari 7 sumber ( deep well / sumur dalam ) yang dibuat oleh Rm Anto ( alm). Cita-cita membuat tujuh sumur itu melambangkan 7 sakramen sebagai air kehidupan atau tujuh sumber cinta Tuhan. Air tujuh sumur itu dipasok ke sebuah reservoir dan disalurkan ke sumur Maria dan bisa diunduh melalui 7 tempayan atau pandasan ( Jawa) sebagai air suci terberkati. Bunda Maria adalah ibu sebagai sumber dimana kita semua meminum air dari susu ibu. Kita dihidupi oleh air yang keluar dari seorang ibu. Air itu menyejukan, menyegarkan dan menyucikan. “ Inilah gambaran yang bisa kita tangkap dan kita terjemahkan sebagaimana dambaan Rm Anto ( alm)”, kata Rm Rochadi


Penumpangan Tangan oleh RD. Rochadi

Rm Rochadi menyatakan umat Paroki Cilangkap adalah umat yang paling manusiawi , dalam arti menempatkan Bunda Maria di sebuah Pendopo/ rumah Joglo. Ini melambangkan kehadiran Bunda di tengah keluarga yang senantiasa menghadirkan cinta kasih dan mengalirkan air kehidupan bagi keluarga. Semakin kita menyadari kehadiran Bunda Maria di tengah keluarga, maka keluarga itu akan mengalirkan kedamaian.

Di tengah2 sumur Bunda Maria tak henti-hentinya mengalirkan cinta kasihnya, kesabarannya, dan kedamaiannya di tengah keluarga. Bunda Maria ibarat bulan yang hadir ditengah kegelapan malam yang membawa terang matahari (terang Kristus) kepada keluarga manakala dalam bahaya.


Umat menikmati makanan ringan dan minuman yang disiapkan oleh tim Komsos seusai Misa

Lebih lanjut Rm Rochadi berharap Pendopo Maria boleh menjadi tempat yang hidup yang dihidupkan oleh doa, cinta dan iman kita. Melalui doa dan cinta kita yang menerus, air sumur Maria akan kian suci dan terberkati untuk kita konsumsi.

Misa Suci kamis wage atau malam jumat kliwon akan menjadi tradisi dan icon baru Gereja Anda Domba Paroki St Yohanens Maria Vianney Cilangkap. Misa Suci bulan berikutnya jatuh pada tanggal Kamis 15 Maret 2018. * – (JB.Basuki)

copyright parokivianney.org

Managed by