Gereja untuk Masyarakat melalui Seminar Paida & Lajin

Diperbarui: 4 Mei 2019


Gambar: Komsos

Senin, 12 September 2016, Komsos Paroki Cilangkap kembali mengadakan Seminar Self Healing Paida dan Lajin. Ini merupakan Seminar Paida & Lajin yang kedua yang diadakan di Gereja Anak Domba. Berbeda dari seminar sebelumnya yang diadakan pada Bulan Januari lalu, ada yang istimewa dari seminar kali ini, karena dibawakan langsung oleh Master Paida & Lajin dari Hongkong, Mr. Hongxi Xiou.


Foto: Komsos

Paida dan lajin sendiri adalah dua metode penyembuhan diri dari China yang dapat membantu meningkatkan kesehatan secara alami. Metode ini telah diikuti oleh jutaan orang di 60 negara. Dengan menampar diri pada bagian tubuh tertentu, metode ini dapat membangun panas yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain jantung, gangguan hati, ginjal, diabetes, kolesterol., dan sebagainya.


Foto: Komsos

Yang mendasari kegiatan ini adalah bagaimana Gereja ikut bertanggungjawab terhadap kesehatan masyarakat, seperti yang disampaikan oleh RD. Rochadi yang merupakan penggagas Seminar Paida & Lajin ini. “Seminar ini dalam rangka menyehatkan Gereja dan masyarakat, bagaimana Gereja bertanggungjawab terhadap masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari peserta yang hadir, tidak hanya umat Katolik, tetapi ada Muslim, Hindu, Budha & Kristen. Dan nanti akan diadakan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan masyarakat tentunya”


Foto: Komsos

Peserta seminar yang hadir sebanyak 170 orang dan berasal dari berbagai daerah. Ada yang jauh-jauh dating dari Rangkasbitung, Sukabumi, Bogor serta beberapa umat dari berbagai paroki di Jakarta. Mr.Hongxi Xiou sendiri, tidak hanya menyampaikan informasi mengenai Paida & Lajin, tetapi juga mempraktikan langsung gerakannya bersama team Paida Lajin dan diikuti oleh seluruh peserta. Ada yang menarik pada praktik paida kali ini, bahwa ada salah satu peserta yang mengalami gangguan kesulitan berjalan dan harus menggunakan tongkat, tetapi setelah dilakukan paida pada bagian belakang lututnya, beliau bisa berjalan sendiri tanpa bantuan tongkat lagi.


Foto: Komsos

Dalam presentasinya, Master Xiou menyatakan bahwa hal terpenting yang bisa membawa kesembuhan adalah keyakinan pada diri kita sendiri. Semoga dengan kegiatan ini kita semakin disadarkan akan pentingnya kesehatan, dan diyakinkan atas kepulihan dari dalam diri kita sendiri, tidak hanya kesehatan jasmani tetapi kesehatan rohani melalui gereja dan masyarakat. (Sefin)

copyright parokivianney.org

Managed by