Devosi kepada Santo Yosef Tidur


Menjelang kelahiran Yesus, Allah mengutus para malaikat-Nya kepada St Yosef ketika tertidur. Dalam mimpi, St Yosef mendengar para malaikat berpesan agar jangan takut mengambil Maria sebagai istrinya, dan menyelamatkan Yesus dari bahaya. Dalam tidur dan mimpinya itulah St Yosef menyelamatkan keluarganya.


Paus Fransiskus sangat yakin bahwa Allah mengandalkan St Yosef justru dalam tidurnya. Keyakinan Bapa Suci itu diutarakan dalam pertemuan dengan keluarga-keluarga Katolik di Filipina pada 2015. Pada kesempatan itu juga Paus asal Argentina ini memperkenalkan patung St Yosef tidur. “Saya sangat mencintai St Yosef. Dia adalah pribadi yang tenang dan tegar…Bahkan ketika tidur, dia menjaga Gereja,” ujarnya seperti dilansir www.romereports.com.

Tak pelak kalau Paus Fransiskus menjadikan St Yosef (selain St Mikael) sebagai pelindung Negara Kota Vatikan. Saat di Filipina, Paus juga mengatakan, saat St Yosef tidur, Allah mengungkap kehendak-Nya kepada dia. “…sementara kita diam sejenak dari kewajiban dan kegiatan sehari-hari, Allah juga berbicara kepada kita,” lanjutnya.


Istirahat, tambah Paus Fransiskus, sangat diperlukan untuk kesehatan pikiran dan tubuh manusia. Selain itu, istirahat juga penting bagi kesehatan rohani, sehingga manusia bisa mendengar suara Allah dan memahami kehendak-Nya terhadap diri kita. “Allah memilih Yosef sebagai bapak pemelihara Yesus dan suami Maria. Sebagai orang kristiani, Anda juga dipanggil seperti Yosef untuk membangun sebuah rumah bagi Yesus. Anda membangun sebuah rumah bagi-Nya di dalam hatimu, di dalam keluargamu, di dalam paroki-paroki dan komunitas-komunitasmu,” harap Paus seperti dikutip www.opusdei.co.id.


Gereja yang dipersembahkan khusus dalam perlindungan St Yosef tidur baru terjadi di Paroki Vadakkekotta, Keuskupan Cochin, India. Paroki ini sejak semula berpelindung St Yosef. Namun, sejak Paus Fransiskus memperkenalkan patung St Yosef, Kepala Paroki Vadakkekotta Pastor Jolly Thapalodath getol mencari informasi seputar patung tersebut. Pastor Jolly terkesan dengan berbagai kisah yang didapatnya.


Dia memesan satu patung St Yosef berukuran kecil dari Roma. Begitu tiba, patung tersebut diarak ke sejumlah paroki antara lain, Aluva, Kalamassery, Kakkanad, Erumbanam, dan Karingachira. Sejak patung itu tiba di Gereja Vadakkekotta banyak umat datang dari berbagai tempat. Setiap Rabu, paroki mengadakan devosi khusus kepada St Yosef tidur. Paroki itu kini memiliki dua patung St Yosef tidur. Patung berukuran kecil di takhtakan di balkon gereja, sementara replika patung berukuran besar –dibuat di Thrissur, India– diletakan di sisi altar.

Meski demikian, arca hanya sekadar sarana untuk membantu umat agar lebih dekat kepada Sang Pencipta. Hendaknya, setiap kali memandang reca St Yosef tidur, kita hendaknya sadar untuk selalu meneladani iman dan sikap orang kudus yang telah menjaga Gereja dalam keheningan sikapnya.


Doa Kepada Santo Yosep Tidur bisa menjadi pilihan doa saat mengalami kesulitan dan masalah.

Santo Yosef, suami Bunda Maria, mengalami berbagai kesulitan dalam hidupnya. Saat tidur, Tuhan menunjukkan jalan keluar dan menyatakan kehendak-Nya kepada Santo Yosef.

Tatkala Santo Yosef merasa bingung saat mengetahui Maria hamil bukan karena dia, malaikat Tuhan datang dalam mimpi tidurnya. Malaikat Tuhan memintanya tetap mengambil Maria sebagai istri karena anak yang dikandung berasal dari Roh Kudus.


Demikian juga ketika Herodes ingin membunuh Yesus yang baru lahir, malaikat Tuhan kembali datang. Allah menghendaki Santo Yosef segera pergi dan membawa Yesus dan Maria.

“Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia” (Mat 2:13).

Oleh karena itu, Doa Kepada Santo Yosef Tidur bisa kita doakan ketika kita tengah menghadapi maslah dan kesulitan dalam hidup.


Doa Kepada Santo Yosep Tidur

"Ya, Santo Yoseph, penjaga yang setia dan pribadi yang teguh di hadapan Allah. Aku menyerahkan kepadamu segala keinginan dan kerinduanku. Pandanglah aku anakmu dan bantulah aku dengan kekuatanmu.

Ya, Santo Yoseph, yang tulus dan setia, dengarkanlah doa dan permintaanku. Berikanlah kepadamu berkat rohani Puteramu Yesus, sehingga dengan meletakkan segala harapanku, di bawah kuasa surgawimu, aku boleh mendapatkan berkat dan rahmat yang aku butuhkan terutama dalam menghadapi masalah (…….).

Ya, Santo Yoseph, aku tidak pernah lelah merenungkanmu bersama Yesus yang tidur di lenganmu. Yesus selalu ada di hatimu. Biarlah aku juga selalu ada di hatimu. Dengarkanlah doa dan kerinduanku, serta hantarkan kepada Yesus Putera-Mu, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

Bapa Kami … Salam Maria … Kemuliaan … Santo Yoseph doakanlah kami (3x)"

(Stella)


Sumber: HIDUPKatolik.com dan Katolikpedia.id

copyright parokivianney.org

Managed by