top of page

Asal Usul Hari Anak Misioner


Setiap tahun Gereja Katolik memiliki tradisi memperingati Hari Anak Misioner Sedunia, yang dirayakan di Hari Raya Penampakan Tuhan kepada 3 Raja dan kepada dunia (Epifani). Epifani sendiri dirayakan di hari minggu antara 2 - 8 Januari (minggu pertama Januari). Tahun 1950, Paus Pius XII menetapkan hari minggu pertama januari ini sebagai Hari Anak Misioner Sedunia. Tahukah Anda bahwa Hari Anak Misioner memiliki asal usul yang berasal dari Serikat Kepausan Anak Misioner?

Berikut ini adalah sejarah singkat Serikat Kepausan Anak Misioner.


Serikat tersebut didirikan oleh Mgr. Charles Augustie Marie De Forbin Janson berasal dari keluarga bangsawan. Lahir 3 November 1785 dan meninggal Tahun 1844 di Perancis.

Mgr. Charles adalah Uskup Nancy-Perancis. Mgr. Charles memiliki keprihatinan khusus terhadap anak-anak yang menderita, yang haus akan kasih sayang dan pembinaan yang memadai. Beliau selalu memimpikan hidup sebagai misionaris yang mempunyai semangat apostolik untuk menuntun anak-anak kepada Yesus. Maka beliau pun mulai mengembangkan karya misioner yang dikhususkan bagi anak-anak dengan berdevosi pada "Kanak-kanak Yesus". Pada tanggal 19 Mei 1843, dalam sidang Keuskupan, secara resmi didirikan serikat ini:

+ Nama : "Serikat Kanak-kanak Suci – The Holy Childhood Association". + Motto : "Anak Menolong Anak – Children Helping Children". + Semangat Misioner : Doa, Derma, Kurban, dan Kesaksian (2D2K). + Pelindung : Kanak-kanak Yesus. Pada tanggal 3 mei 1922 Paus Pius XI mengesahkannya sebagai Serikat Kepausan Anak-Anak Misioner.


¤ Nilai-nilai Misioner.

~ Kepekaan hati untuk misi sejagat. Mgr. Charles de Forbin Janson memiliki kepekaan hati terhadap anak-anak diseluruh dunia. Beliau adalah Gembala Pencinta anak-anak yang melarat. Sejak pendidikan dasar di Seminari St. Sulpicius, beliau sudah menaruh cinta terhadap anak-anak dan memperkenalkan Yesus kepada anak-anak. Karya misi memerlukan seseorang yang peka akan kebutuhan sesamanya, hati yang terbuka untuk semua orang.


~ Penghargaan Terhadap Hak dan Martabat Anak. Mgr. Charles merasa turut bertanggung jawab atas penderitaan anak-anak di dunia. Beliau memperjuangkan hak anak-anak untuk memperoleh cinta, perhatian dan pendidikan selayaknya sebagai Citra Allah. Beliau menghargai potensi, karunia yang ada pada anak-anak untuk menolong anak-anak lain yang tidak beruntung. Karya misi membutuhkan seseorang yang sungguh menghargai martabat manusia dan memberdayakan potensi yang ada pada mereka.


~ Sikap Solider. Mgr. Charles menaburkan benih iman dan kasih akan Tuhan Yesus dalam diri anak-anak. Nilai-nilai universal seperti cinta, kesetiakawanan, doa dan kurban harus sudah ditanamkan dalam diri anak-anak sejak usia dini. Semangat ini tertera dalam motto Serikat Kanak-kanak Suci " Children Helping Children. Anak-anak belajar menjadi sahabat Yesus dan bersahabat dengan semua anak lain di dunia. Karya misi membutuhkan seseorang yang bersikap solider dan berbelarasa dengan sesama yang menderita.


¤ Hari Minggu Anak Misioner.

Hari Anak Misioner sedunia diperingati Tanggal 6 Januari. Dengan alasan pastoral-liturgis, pada tahun 1950 Paus Pius XII menetapkan Hari Minggu I Januari sebagai Hari Anak Misioner Sedunia bertepatan dengan Hari Raya Penampakan Tuhan. Inilah hari yang mempersatukan semua anak-anak misioner sedunia dalam semboyan " Children Helping Children " dan dalam semangat/kebajikan. Doa, Derma, kurban, dan Kesaksian (2D2K).


(Sumber : diambil dari berbagai sumber)

bottom of page