World Youth Day (Hari Kaum Muda Sedunia) 2016

Diperbarui: 3 Mei 2019


Gambar: https://famvin.org

World Youth Day (Hari Kaum Muda Sedunia)  berlangsung tanggal 26-31 Juli 2016 di Warsawa – Krakow Polandia. WYD Polandia 2016 dihadiri lebih dari 3 jutaan pemuda yang berasal dari 187 negara, termasuk Indonesia yang mengirim 310 delegasinya.


“Rombongan kami akan menampilkan kebudayaan Indonesia dalam festival internasional ini. Kami akan menampilkan batik, tarian dan lagu-lagu tradisonal,” kata  Romo Yohanes Dwi Harsanto, sekretaris eksekutif  Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia.


WYD berlangsung mengusung tema “Blessed are the merciful, for they shall obtain mercy” (Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan). WYD kali ini dirayakan dalam suasana Tahun Yubileum Kerahiman Ilahi. Karena itu Paus Fransiskus mengajak kau muda mengenang StYohanes Paulus II yang menjadi pemrakarsa WYD.


Kegiatan WYD diawali dengan program live in di keuskupan-keuskupan atau disebut “Days in the Dioceses”, dimana peserta disebar ke 44 keuskupan di Polandia untuk berinteraksi dengan umat setempat selama lima hari. Usai live in, peserta WYD mengikuti kegiatan katakese selama dua hari yang diawali dengan Misa Pembukaan oleh Uskup Agung Krakow, Kardinal Stanislaw Dziwisz. Sebelum Misa Penutup yang di pimpin langsung oleh Sri Paus Fransiskus, peserta diberi kesemoatan untuk berziarah ke tempat ziarah Kerahiman Ilahi di Krakow.


“Saya ingin bertemu dengan Anda dan menawarkan kepada dunia tanda baru harmoni, mozaik wajah yang berbeda dari adanya berbagai ras, Bahasa, bangsa, Bahasa dan budaya, tetapi semua bersatu dalam nama Yesus, yang adalah wajah belas kasih” Ujar Bapa Paus kepada seluruh peserta. (sefin)

copyright parokivianney.org

Managed by