RD. Robertus Rubiyatmoko, Resmi Menjadi Uskup Agung Semarang

Diperbarui: 4 Mei 2019


Foto: http://indonesiasatu.co/

Bapa Suci Paus Fransiskus telah memilih RD.Robertus Rubiyatmoko (Vikaris Yudisial KAS/Keuskupan Agung Semarang) menjadi Uskup Agung Semarang. Kabar ini disampaikan oleh FX. Sukendar Wigyosumarta, Pr (Administrator Diosesan KAS) pada hari Sabtu, 18 Maret 2017. Keterpilihan Romo Rubiyatmoko ini sebelumnya telah diumumkan di Roma.


Pemilihan Romo Rubiyatmoko, Pr sebagai Uskup Agung Semarang yang baru untuk mengisi kekosongan posisi Uskup Agung Semarang semenjak Mgr Pudjasumarta meninggal dunia pada 10 November 2015.


Berikut riwayat singkat dari Romo Robertus Rubiyatmoko, Pr. Romo yang akrab dipanggil Romo Ruby ini lahir pada tanggal 10 Oktober 1963 di Sleman, di Keuskupan Agung Semarang. Pr. Beliau adalah anak pasangan orangtua bernama Harjo Partono dari  kawasan Cangkringan. Ibu dan ayah kandungnya kini telah almarhum.


Selepas pendidikan di SMP Babadan, Cangkringan, Yogyakarta Utara, Romo Ruby kemudian melanjutkan pendidikan calon imam di Seminari Menengah Santo Petrus Kanisius Mertoyudan pada tahun 1980 dan lulus pada tahun 1984. Kemudian  beliau mendaftarkan diri bergabung masuk sebagai frater calon imam diosesan (praja) KAS.


Sebagai calon frater diosesan KAS, ia  kemudian menjalani tahun rohani di Wisma Jangli Semarang. Setahun menjalani program pendidikan tahun rohani di Jangli, Semarang, Fr. Robertus Rubiyatmoko Pr menjalani tugas studi filsafat dan teologi di Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma dengan ‘selingan’ setahun mengikuti program Tahun Orientasi Pastoral (TOP).


Pada tanggal 12 Agustus 1992, Fr. Robertus Rubiyatmoko Pr menerima tahbisan diakonat dan kemudian tahbisan imamatnya dari tangan Uskup Agung KAS waktu itu – Kardinal Julius Darmaatmadja SJ.


Romo Robertus Rubiyatmoko Pr menerima tugas pastoralnya pertama di Gereja St. Maria Assumpta Klaten. Selanjutnya, oleh Uskup Agung KAS waktu itu –Kardinal Julius Darmaatmadja SJ- Pastor muda Robertus Rubiyatmoko Pr ditugaskan belajar Hukum Gereja di Universitas Gregoriana di Roma hingga meraih gelar licentiat dan akhirnya doktoral.


Sepulang dari Roma, Pastor Rubiyatmoko ditugaskan Uskup KAS menjadi dosen moral dan Hukum Gereja di Fakultas Teologi Wedabhakti USD dan menjadi tenaga pendidik (formator) untuk para frater diosesan (KAS, KAJ, KP) di Asrama Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan, Yogyakarta. (Beny)

copyright parokivianney.org

Managed by