Paus Fransiskus menyampaikan Pesan: 'Penderitaan yang Menyelamatkan' kepada Asosiasi Melawan Kanker



Vatikan, 4 Maret 2022, Paus Fransiskus bertemu dengan Asosiasi Melawan Kanker di Vatikan, pada hari Jumat dan membagikan renungan tentang adanya kekuatan dan makna dibalik tantangan & rintangan hidup ketika manusia Bersatu dengan Kristus.

Paus Fransiskus bertemu dengan para anggota dari Asosiasi Melawan Kanker Italia (LILT) pada 4 Maret 2022, merujuk surat Apostolik dari St. Yohanes Paulus II mengenai penderitaan yang menyelamatkan, Salvifici doloris.

Penderitaan yang menyelamatkan, berdasarkan Katekese Gereja Katolik memiliki makna bahwa “Dengan jiwa dan wafat-Nya di kayu salib, Kristus memberikan makna baru dalam penderitaan.”

Paus Fransiskus juga menyoroti contoh Santo pelindung para pasien kanker, Santo Leopold Mandic dari Herzegovina, seorang Biarawan Kapusin yang dapat menghabiskan waktu hingga 15 jam sehari mendengarkan curahan hati para umat.

Selama Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman Allah, Paus Fransiskus mencanangkan relikui Santo Leopold untuk dibawa ke Roma.

"Semoga kamu disertai dari surga oleh Santo Leopold Mandic — seorang hebat, Santo pelindung para pasien Kanker," ujar Paus Fransiskus, mendoakan para anggota Asosiasi Kanker. (Robert- disadur dari berbagai sumber)