Kunjungan Paroki Cilangkap ke Pondok Pesantren Cadangpinggan


Penyerahan secara simbolik bingkisan dari RD Rochadi yang mewakili Paroki Cilangkap kepada Buya Syakur yang mewakili Ponpes Cadangpinggan

Kamis, 21 Maret 2022, RD Rochadi, DPH, dan Seksi Komsos melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Candangpinggan yang diasuh oleh KH. ABD Syakur Yasin, MA atau yang akrab disapa Buya Syakur berlokasi di Jl. Bypass Kertasemaya KM . 37, Blok Jatisuling, Desa Gedangan, Kec. Sukagumiwang, Kab. Indramayu. Dalam kunjungannya, RD Rochadi banyak melakukan diskusi dengan Buya Syakur terkait kerukunan antar umat beragama. Saat kunjungan tersebut, RD Rochadi berkesempatan untuk menjadi narasumber dalam acara Live Streaming Kajian Kitab Roaitullah bersama Buya Syakur.

Acara kajian yang dipimpin oleh moderator, Taswirul Afkar, M.PD membahas tentang Kitab Roaitullah (melihat Allah) yang berasal dari tulisan tangan An-nafiri berbentuk manuscript, terpendam di salah satu perpustakaan di Irak, ditemukan oleh Dr. Moustafa Mahmoud.

Dalam kajian tersebut, RD Rochadi memberikan pesan, “Mari kita ciptakan persahabatan, cinta kasih. Mari kita mencintai seperti Tuhan sudah mencintai kita, dan mari kita memaafkan satu sama lain. Perdamaian akan mungkin terjadi kalo kita saling mengampuni dan saling memaafkan, karena bagi saya memaafkan berarti adalah cinta Tuhan yang tidak terbatas dan cinta Tuhan yang tanpa syarat. Kalau orang masih mencintai tanpa syarat, dia pasti sulit untuk memaafkan. Terima kasih untuk kasih Tuhan lewat Buya Syakur dan Pak Afkar. ”

Di samping itu, Buya juga memberikan pesan,”Apakah agama itu mengajarkan permusuhan, kebencian, atau mengajarkan cinta? Mari kita kembali pada agama cinta. Ketika kita beragama masuk dalam lingkaran pertama syariat, masih bertengkar. Masuk dalam lingkaran kedua dalam akidah, bunuh membunuh. Masuk lingkaran yang ketiga: tarekat, masih bermusuhan. Kalo kita masuk pada inti lingkaran agama: cinta, kita sudah selesai, tidak akan bertengkar lagi dengan siapapun.”

Sebelum berpamitan, diadakan penyerahan bingkisan untuk pengurus ponpes secara simbolik dari RD Rochadi ke Buya Sakur yang berupa 45 sajadah dan 100 kurma serta pertukaran buku karangan RD Rochadi dan Buya Syakur. (Stella)

Foto: Komsos Cilangkap